Mengembangkan Bisnis Dengan Persaingan

Untuk mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan persaingan, kita harus pahami dulu apa pentingnya persaingan itu.

Berikut adalah kisah pengusaha taksi yang berusaha mengembangkan bisnis di kota New York.

Di kota yang sangat sibuk ini, semua taksi yang legal berwarna kuning. Semua diwarnai benar-benar serupa, dengan cat kuning dupont M6284 atau sejenisnya. Memiliki logo kecil dan sertifikasi yang sama untuk memberi tanda bahwa mereka legal kepada komisi otoritas taksi. Mereka memakai tarif yang sama, aksesoris didalam mobil yang sama (kaca yang memisahkan supir dan penumpang), dengan tv yang sama menyiarkan laporan cuaca dan tercantumkan peraturan yang sama dimana kita bisa membacanya selama perjalanan.

Tidak ada orang biasa di kota New York yang memilih milih taksi mana yang ingin mereka naiki, selama taksi tersebut memenuhi kriteria tersebut. Mereka akan menaiki taksi yang pertama berhenti untuk mereka. Semua taksi memiliki kondisi yang baik, paling tidak untuk memenuhi peraturan yang ada, tapi tidak lebih baik dari yang dicantumkan pada peraturan. Mereka secara umum sama.

Kondisi ini tidak memiliki apa yang sering kita dengar,“Pilihan”.

Dari kondisi diatas New York memiliki sebuah sistem transportasi yang efektif dan bisa diandalkan namun kita tidak mendapatkan jasa yang termotivasi dan berkeinginan lebih untuk mengembangkan bisnis dengan memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggannya. Memberikan tip sekalipun tidak dapat dikatakan akan membuat jasa taksi tersebut menjadi lebih dari biasanya.

Pengendara taksi ini bergantung pada agresifitas dan kewaspadaan mereka untuk menghasilkan uang. Penumpang bisa dibilang adalah mangsa mereka dan yang mendapatkan penumpang lebih dulu dapat makan lebih awal. Kondisi diatas mudah-mudahan dapat menggambarkan bagaimana jika “pilihan” itu dihilangkan dari sebuah pasar. Semuanya tidak akan ada yang lebih buruk ataupun lebih baik. Secara umum tidak akan ada kesempatan untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih baik.

Pilihan adalah sebuah pusat kekuatan pelanggan.

Oleh karena itu memberikan kita peluang untuk mengembangkan bisnis dengan memberikan produk yang lebih baik dan atraktif. Pilihan juga memberikan kita peluang untuk menunjukan customer service yang baik sebelum, saat dan setelah pembelian untuk mendapatkan kepercayaan mereka. Karena pilihan, kita dapat menunjukan bahwa kita yang terbaik pada kompetisi pasar bebas ini. Sebagai pemilik atau pelaku marketing sebuah produk, kita harus bisa menunjukan bahwa produk kita memiliki keunikan dan memiliki special value yang memiliki relevansi pada calon pelanggan untuk memenangkan hati mereka.

Pilihan memberikan kita kekuatan untuk berkompetisi. Kita tidak dapat melakukannya tanpa pesaing bisnis.